Tips Memasak untuk Penderita Kolesterol Tinggi : Info SehatQ.com

Makanan Sehat Kolesterol


Memilah makanan dan minuman yang akan dikonsumsi adalah hal yang harus menjadi perhatian semua orang terutama penderita kolesterol tinggi. Makanan yang tidak sehat atau yang dimasak dengan cara tidak sehat dapat menjadi penyebab kolesterol dalam tubuh tinggi. Oleh karena itu kamu perlu tahu tips and trick cara memasak makanan yang sehat agar tidak menumpuk lemak.

Tips and trick memasak dengan sehat

Yang pertama yang bisa anda lakukan adalah mengganti minyak goreng anda dengan minyak rendah lemak lain seperti minyak zaitun. Penngunaan minyak zaitun ini berhubungan dengan campuran antioksidannya yang membantu mempertahankan lemak baik dalam tubuh HDL (high density lipoprotein) dan membantu mengurangi lemak jahat LDL (low density lipoprotein).

Selain mengganti minyak, anda juga bisa mulai menggunakan teknik memasak dari biasanya digoreng menjadi dipanggang atau dikukus. Pada saat menggoreng makanan, minyak akan terserap ke dalam makanan sehingga meningkatkan kolesterolnya. Sedangkan pada saat memanggang lemak pada makanan akan mencair dan menetes keluar dan membuat kalori pada makanan berkurang.

Untuk penderita kolesterol tinggi makan makanan berserat seperti sayur dan buah sangat dianjurkan, dan salad bisa menjadi alternatifnya. Tips lain yang bisa digunakan adalah dengan mengganti saus pada salad buah atau salad sayur anda dari mayones  karena masih mengandung lemak menjadi minyak zaitun dan yoghurt.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh, anda bisa mulai menggunakan daging yang rendah lemak. Lemak yang terkandung dalam daging sapi adalah jenis lemak yang harus dibatasi, oleh karena itu anda bisa mengonsumsi bagian tenderloinnya. Jenis daging lain yang rendah lemak adalah dada ayam, bahu kambing dan kalkun putih tampa kulit.

Selain tips and trick dalam memasak, anda juga bisa mulai dengan mengganti bahan makanan yang akan dikonsumsi menjadi makanan rendah lemak. Berikut akan kami sajikan beberapa makanan rendah lemak yang bisa menjadi pilihan. Anda juga harus tahu tentang berbagai info penyakit yang mungkin bisa terjangkit apabila kita mengonsumsi makanan tinggi kolesterol sebagai langakh pencegahan.

Makanan rendah lemak yang sehat dan enak

Makanan rendah lemak pertama yang dapat anda konsumsi adalah jenis sayuran Cruciferous, sayuran ini masuk kedalam family Brassicaceae. Jenis sayuran ini selain rendah lemak juga sebagai detox racun menurut dr. Zaidul Akbar. Beberapa sayuran yang termasuk sayuran Cruciferous adalah brokoli, kol, sawi putih, kale, bok choy dan baby kol.

Selain sayuran, kacang-kacangan juga bisa menjadi pilihan makanan untuk penderita kelebihan kolesterol. Kacang-kacangan mengandung serat yang baik untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap normal serta mengandung lemak tak jenuh. Tapi karena jumlah kalori pada kacang termasuk tinggi ada baiknya kita mencari tahu info penyakit apa yang mungkin muncul apabila konsumsi berlebihan, seperti peningkatan berat badan.

Setelah kita membahas bahan nabati, sekarang kita akan bahas bahan makanan hewani yang mengandung rendah lemak. Yang pertama ada ikan cod, dimana ikan cod ini hanya mengandung 1 gr lemak tiap 85 gramnya. Selain itu mengonsumsi putih telur karena mengandung lebih sedikit lemak daripada kuning telur juga bisa menjadi alternative pemenuhan kebutuhan protein.

Jadi, sudah tahukan bagaimana tips and trick dalam memasak serta bahan makanan apa saja yang rendah lemak untuk mencegah kadar kelosterol dalam tubuh kita meningkat. Selain memperhatikan makanan dan cara memasak, ada baiknya kita juga harus membiasakan pola hidup sehat dan teratur.

Posting Komentar

0 Komentar