Hidup Normal Bebas Covid, Seputar Vaksin Sinochem Yang Perlu Diketahui

 

Vaksin Sinochem Indonesia

Virus covid 19 telah banyak memberikan keresahan dan menyebabkan permasalahan di seluruh dunia. Virus ini bahkan telah banyak menimbulkan korban dan kerugian ekonomi yang harus ditanggung oleh setiap negara. Untuk mengatasi masalah ini, beberapa negara telah bergerak aktif untuk mengembangkan vaksin dan salah satunya adalah Vaksin Sinochem. Untuk lebih jelasnya, yuk simak disini.


Mengenal Lebih Dekat Dengan Sinochem
Mungkin anda sangat asing dengan istilah sinochem yang disebut akhir-akhir ini. Pasalnya, sinochem adalah nama vaksin yang biasa disebut dengan vaksin sinovac. Dalam hal ini, sinovac pada dasarnya adalah perusahaan yang membuat vaksin, yaitu Sinovac Biotech Ltd. Sedangkan, sinochem adalah nama vaksin sebenarnya yang digunakan untuk zat produksi Cina ini.


Pembuatan jenis vaksin ini pada dasarnya dilakukan dengan cara inactivated vaccine. Proses tersebut adalah pemanfaatan sis lemah virus untuk membentuk sistem imun tubuh. Dalam hal ini, sinochem menggunakan jenis virus covid 19 secara utuh. Namun, virus tersebut telah dimatikan dengan cara genetic menggunakan bahan kimia, suhu panas maupun radiasi.


Dengan memasukkan virus ini ke dalam tubuh, maka tubuh manusia akan menghasilkan sistem imun yang baik. Tentunya, penyuntikan virus covid 19 yang telah dimatikan ke tubuh dalam juga telah dipastikan bahwa virus tersebut tidak akan menimbulkan infeksi baru pada tubuh. Begitu pula, vaksin sinochem telah diujicobakan sejak bulan Juli 2020 dan tidak menimbulkan reaksi berbahaya.


Proses uji coba vaksin jenis ini juga telah melewati beberapa tahap yang dilakukan dengan cara bekerjasama dengan beberapa negara. Negara yang telah ikut berkontribusi dalam hal ini meliputi Brazil, Cina, Turki, Indonesia dan masih banyak yang lainnya. Tentunya, para relawan yang ikut berkontribusi dalam hal ini juga telah terjamin kesehatannya.


Sinochem yang terkenal sebagai inactivated vaccine ini memerlukan beberapa tahap agar bisa membentuk daya tahan tubuh yang kuat. Pemberian jenis vaksin ini bahkan dilakukan sebanyak 2 kali dengan jeda waktu 14 hari atau 2 minggu dari suntikan pertama. Tentunya, proses vaksinasi ini juga telah dilakukan dengan proses pengawasan melalui jasa asuransi.


Efikasi Vaksin Dari Cina
Sejak melakukan tahap uji coba klinis di Indonesia, PT Bio Farma yang mengajak Fakultas Kedokteran Unpad dan Balitbankes Kementrian Kesehatan RI untuk bekerjasama dengan Sinovac Biotech Ltd. Kerjasama ini bertujuan untuk memperoleh suplai vaksin dan transformasi industri kesehatan. Bahkan, PT Bio Farma juga telah mengevaluasi data uji klinis dan diserahkan kepada BPOM.


Vaksin sinochem bahkan sudah datang ke Indonesia sebanyak 1,2 juta dosis pada tanggal 6 Desember 2020. Tentunya, vaksin ini juga langsung dibawa ke pusat Bio Farma di Bandung untuk dilakukan efikasi vaksin secara lebih lanjut. PT Bio Farma bahkan sudah memperkirakan uji coba klinis lanjutan fase 4 yang akan dilakukan pada awal tahun 2021.


Target distribusi jenis vaksin ini telah diperkirakan mencapai 340 juta dosis yang akan digunakan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Tentunya, vaksin yang sudah didistribusikan ini telah dipastikan memiliki keamanan yang baik untuk masyarakat. Selain itu, anda juga bisa mengetahui jenis vaksin ini secara lebih lanjut dengan bertanya langsung kepada dokter melalui cek halodoc.


Itulah beberapa hal yang dapat anda ketahui terkait dengan vaksin yang akan dilakukan di Indonesia untuk mengatasi virus covid 19. Tentunya, vaksin yang dihadirkan ini sudah terjamin kualitas dan keamanannya. Anda bahkan bisa menginstal aplikasi halodoc untuk mencari tahu informasi yang lebih lanjut terkait dengan jenis vaksin satu ini.

Posting Komentar

0 Komentar