Apa Itu Cashback, Dan Kelebihan Serta Kekurangannya

Promo Bank BRI
 
Biasanya di akhir tahun berbagai tempat belanja baik yang offline hingga online banyak memberikan berbagai macam promo, bahkan banyak juga promo bank yang diberikan. Salah satu bank yang rajin memberikan kejutan adalah bank BRI yang biasanya diberi tajuk promo Bank BRI.
 
Salah satu promo yang biasa diberikan pada akhir tahun, baik itu dari bank ataupun e-commerce Indonesia adalah berupa Cashback. Arti cashback sendiri adalah penawaran di mana pembeli diberikan persentase pengembalian uang tunai atau uang virtual atau bahkan diberikan suatu produk tetapi dengan memenuhi syarat pembelian tertentu yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara cashback.
 
Kebanyakan promosi cashback saat ini yang ada saat ini biasanya tidak benar-benar berupa pengembalian uang tunai langsung ke tangan pembeli. Pihak penjual biasanya memberikan cashback ke dalam bentuk deposit. Cara ini dipakai agar pembeli di lain waktu akan melakukan pembelian kembali menggunakan deposit tersebut kepada pihak yang memberikan promo cashback.
 
Setiap program atau promo pastinya ada kelebihan dan kekurangannya, terutama dari sisi konsumen. Dari penjabaran diatas, keuntungan atau kelebihan cashback sudah cukup jelas, yaitu memberikan “uang kembali” bagi konsumen, yang manfaatnya bisa dirasakan oleh konsumen dan bisa dianggap sebagai bonus dari pembelian yang mereka lakukan atau konsumen bisa melakukan penghematan pada transaksi berikutnya.
 
Kekurangan program cashback bagi konsumen sebenarnya bukan benar-benar suatu kerugian bagi konsumen itu sendiri, ini lebih ke arah bagaimana cara mendapatkan cashback tersebut karena adanya ketentuan atau aturan dari pihak penyelenggara cashback, biasanya antara lain:
 
•    Syarat Pembelian
Biasanya ada syarat bagi konsumen untuk melakukan pembelanjaan dalam jumlah tertentu untuk mendapatkan cashback tersebut. Misalnya, ada penawaran promo cashback 10% pada suatu toko online tertentu jika melakukan pembelian barang minimal sejumlah 250 ribu rupiah. Kalau konsumen hanya melakukan pembelian sejumlah 200 ribu rupiah, maka dia tidak berhak mendapatkan bonus cashback.

•    Waktu Pemberian
Saat ini hampir semua pihak penyelenggara cashback tidak memberikan cashback langsung pada saat pembelian, tetapi harus menunggu hingga periode tertentu misalnya beberapa hari, beberapa minggu, bahkan beberapa bulan sebelum mereka mendapatkan cashback tersebut dan bisa mempergunakannya.

•    Masa Berlaku
Umumnya penawaran cashback berlaku dalam periode terbatas, misalnya hanya berlaku hingga beberapa minggu atau beberapa bulan kedepan. Jadi ketika periode itu berakhir, konsumen tidak akan bisa menggunakan cashback tersebut.

•    Iuran
Ada kalanya, pihak penyelenggara cashback mengenakan semacam iuran kepada konsumen yang biasanya diberikan tenggat waktu. Jika ada keterlambatan dalam melunasi iuran tersebut, maka konsumen akan kehilangan cashback. Tetapi tidak semua program mengenakan iuran semacam ini.

•    Fleksibilitas
Bentuk cashback biasanya sudah ditentukan oleh perusahaan atau merchant penyelenggara program cashback, konsumen tidak bisa menentukan cashback yang akan mereka terima. Misalnya cashbacknya sudah ditentukan hanya untuk pembelian produk tertentu, atau bahkan cashbacknya sudah ditentukan berupa barang tertentu, dan sebagainya, jadi dari sisi konsumen terasa kurang fleksibel.
 
Semoga informasi promo Bank BRI diatas bermanfaat ya!

Posting Komentar

0 Komentar