Alasan Mengapa Asuransi Berbasis Syariah Lebih Banyak Dipilih

Asuransi Syariah


Asuransi syariah merupakan salah satu jenis asuransi yang ditujukan sebagai usaha saling tolong menolong antar kelompok orang dengan sistem pengelolaan yang didasarkan pada syariat Islam. Belakangan, banyak orang yang lebih memilih asuransi syariah ini dibanding dengan asuransi konvensional. Mengapa demikian? Berikut beberapa alasannya.

Pengelolaan dana menggunakan prinsip syariah Islam
Poin pertama yang menjadi alasan mengapa asuransi ini banyak dipilih adalah cara pengelolaan dananya. Perusahaan asuransi berbasis syariah diharuskan melakukan pengelolaan dana sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Dengan begitu, asuransi ini terbebas dari riba, sistem perjudian, dan unsur-unsur ketidakpastian yang tidak sesuai dengan syariah Islam.

Dalam pengelolaannya, dana tidak dapat diinvestasikan pada saham atau emiten yang memiliki kegiatan usaha yang dilarang menurut prinsip syariah, seperti perjudian atau kegiatan produksi dan distribusi barang atau jasa haram. Hal tersebut dipastikan melalui pengawasan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI).

Transparansi pengelolaan dana
Alasan lain yang membuat banyak orang lebih memilih asuransi ini adalah transparansi dalam pengelolaan dana, baik penggunaan kontribusi dan surplus underwriting maupun pembagian hasil investasi, yang tentu tidak akan Anda dapatkan pada asuransi konvensional. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan keuntungan bagi para pemegang polis.

Pembagian keuntungan hasil investasi
Keuntungan lainnya adalah hasil investasi yang diperoleh dibagi antara pemegang polis dan perusahaan syariah sesuai dengan akad yang digunakan. Hal ini berbeda dengan asuransi konvensional, yang hasil investasinya menjadi milik perusahaan asuransi, kecuali produk asuransi yang dipilih memiliki manfaat investasi.

Tidak berlaku sistem dana hangus
Premi yang dibayarkan untuk asuransi ini merupakan dana tabarru’, sehingga tidak akan hangus meskipun tidak terjadi klaim selama masa perlindungan. Dana tersebut akan tetap terakumulasi di dalam dana tabarru’ yang sepenuhnya milik pemegang polis secara kolektif.

Demikian beberapa alasan mengapa banyak orang yang lebih memilih asuransi berbasis syariah. Meskipun diawasi oleh DSN MUI, memilih asuransi ini tetap tidak bisa sembarangan. Pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki kredibilitas dan integritas, seperti Allianz. Perusahaan ini menawarkan produk asuransi berbasis syariah, mulai dari asuransi jiwa hingga kesehatan.

Posting Komentar

0 Komentar