Ikuti 6 Trik Mudah Ini agar Smartphone Kamu Gak Lemot saat Internetan!

Internetan Di Smartphone
Sumber: pinterest.com
Saat sedang browsing atau membuka aplikasi social media lalu koneksi internet mendadak lemot tentunya membuat seseorang menjadi badmood dan tidak nyaman. Biasanya hp lemot disebabkan oleh jaringan internet yang kurang bagus atau performa smartphone yang lemah. Masalah yang sering terjadi ketika hp lemot biasanya saat membuka aplikasi yang mendadak berhenti atau hp yang mendadak macet saat browsing. 

Memiliki koneksi internet yang super cepat tentunya menjadi dambaan semua orang terutama bagi mereka pengguna aktif smartphone yang sangat membutuhkan internet  agar dapat  bermain game online tanpa ngelag serta dapat menjelajahi media sosial dan browsing dengan lancar. 

Sedikit informasi, bahwa Indonesia adalah Negara yang menempati posisi kedelapan sebagai Negara yang memiliki koneksi internet yang lambat. Nah, agar koneksi internet di ponsel android kamu menjadi lancar tanpa lemot, kamu bisa mengikuti 6 trik mudah ini agar smartphone kamu gak lemot saat internetan. 

1.    Delete daftar aplikasi yang telah dibuka
 
 daftar aplikasi
Sumber: pinterest.com
 
Dengan menghapus daftar aplikasi yang telah dibuka tentunya bisa memberikan koneksi internet menjadi lebih lancar dan lebih kencang dari sebelumnya. Kenapa hal tersebut bisa terjadi, karena aplikasi yang telah di buka dan di tutup masih berstatus pending atau resume, jadi ketika kamu membukanya kembali maka prosesnya tidak akan memakan waktu yang cukup lama. 

Maka dari itu, kamu juga harus menghapus recent application agar koneksi internet kamu jadi lebih lancar dan kencang saat internetan.

2.    Gunakan aplikasi/alat penguat sinyal internet
 
Penguat Sinyal
Sumber: pinterest.com
Cara yang satu ini dijamin ampuh untuk melancarkan jaringan internet di smartphone. Gunakanlah alat penguat sinyal internet atau aplikasi penguat sinyal yang bisa memberikan jaringan internet menjadi lebih  lancar dan stabil.

Mungkin kamu bisa menggunakan aplikasi Network Signal Speed Booster, Network Booster Free atau Network Signal Info. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat mengatasi jaringan internet yang tidak stabil atau lemah terutama untuk di daerah-daerah terpencil yang minim sinyal dan sulit terjangkau oleh jaringan 3G atau 4G.

Sementara itu, untuk alat penguat sinyal internet mungkin kamu bisa menggunakan Comfast Extender Penguat Sinyal yang dapat menstabilkan jaringan internet dan mempercepat koneksi internet di smartphone. Harga yang ditawarkan untuk alat ini pun cukup terjangkau yakni, kisaran 200 ribuan saja. 

3.    Instal aplikasi browser yang ringan
 
Browser Ringan
Sumber: pinterest.com
Penggunaan browser yang terlalu berat tentunya bisa menyebabkan hp menjadi lemot saat internetan. Apalagi aplikasi browser yang memang menggunakan RAM dan memori yang sangat besar serta bisa menyebabkan kinerja pada smartphone menjadi tinggi. Jadi jika aktivitas smartphone menjadi tinggi dari browser maka akan menurunkan kecepatan pada smartphone. 

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan aplikasi browser yang lebih ringan dan tidak akan membuat hp menjadi lemot. Salah satu aplikasi browser yang tidak terlalu berat adalah UC. Tetapi  kenyamanan saat digunakan nya juga akan berbeda jika dibandingkan dengan aplikasi Google Chrome yang lebih berat. 

4.    Matikan proses update OS
 
 Matikan proses update OS
Sumber: pinterest.com
Aplikasi yang sedang melakukan pembaruan secara otomatis dapat membuat koneksi internet kamu menjadi lebih lemot dari biasanya. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Karena system yang berusaha untuk memfokuskan aplikasi yang kamu gunakan agar selalu berada di versi terbaru. 

Selain itu, proses update OS juga dapat membuat smartphone kamu menjadi lebih ngelag ketika ingin membuka aplikasi yang menggunakan koneksi internet pada waktu yang bersamaan. Maka dari itu, lebih baik  untuk memilih menggunakan manual update di menu pengaturan pada smartphone mu. 

5.    Membatasi aplikasi yang memakai data internet
 
Membatasi aplikasi yang memakai data internet
Sumber: pinterest.com

Batasi aplikasi yang jarang digunakan agar hp kamu tidak lemot saat dipakai internetan. Kamu bisa menggunakan pengaturan bawaan yang sudah tersedia di play store untuk mengatur aplikasi yang menggunakan data internet.

Trik yang satu ini dijamin ampuh untuk membuat jaringan internet menjadi lebih lancar dan hanya fokus pada aplikasi yang sering  kamu pakai untuk menjelajahi dunia maya.  

Nah, itulah beberapa trik yang bisa kamu coba agar smartphone kamu gak lemot-lemot lagi saat dipakai internetan.

Posting Komentar

0 Komentar