Konsumsi Jenis Makanan Berikut Agar Luka Bekas Operasi Cepat Sembuh

Operasi terkadang menjadi langkah yang harus diambil demi alasan kesehatan. Menjalani operasi baik yang besar maupun ringan sekalipun akan memberikan efek pada tubuh. Selain rasa sakit pasca menjalani operasi, bekas luka menjadi salah satu yang tidak bisa terelakkan. Agar kondisi tubuh kembali fit dan luka cepat sembuh, akan butuh waktu untuk proses penyembuhannya. Untuk membantu mempercepat proses penyembuhan, merawat luka dengan baik dan benar juga menjadi salah satu keharusan. Salah satu perawatan penyembuhan luka pasca operasi adalah dengan memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.
 
Makanan yang tepat akan berguna sebagai obat untuk mempercepat penyembuhan luka pasca operasi. Hal ini dikarenakan makanan yang kaya akan nutrisi, vitamin, dan mineral bisa membantu tubuh dalam memulihkan diri dengan lebih cepat. Adapun jenis makanan yang dianjurkan dikonsumsi oleh tubuh pasca operasi, antara lain: 

Makanan Serat
 
1.    Makanan yang kaya akan serat.
Bisa didapatkan dari makanan, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, roti gandum, dlsb. Makanan berserat memiliki banyak nutrisi penting yang diperlukan tubuh. Selain itu juga berguna untuk mengurangi resiko sembelit pasca operasi.

2.    Makanan yang mengandung banyak protein.
Hal ini bertujuan untuk membantu proses penyembuhan luka dan mendukung regenerasi jaringan baru.

3.    Makanan dengan kandungan lemak sehat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh pasca menjalani operasi.
Lemak baik bisa diperoleh dari kacang-kacangan, minyak zaitun, dll.

4.    Makanan yang memiliki kandungan antioksidan di dalamnya untuk mengurangi efek berbahaya dari pengaruh radikal bebas yang dilepaskan
Terdapat pada buah jeruk, sayur brokoli, wortel, bayam, dll.
 
Selain mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang disebutkan di atas, pasca menjalani operasi Anda juga harus rutin mengkonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter. seperti obat luka operasi misalnya tidak boleh Anda abaikan mengkonsumsinya sesuai dengan resep dokter. Jika Anda rutin meminum obat, dibarengi dengan asupan makanan yang bernutrisi, maka tidak akan menutup kemungkinan luka bekas operasi akan sembuh lebih cepat dari yang seharusnya.

Posting Komentar

0 Komentar