Resep Mie Sehat, Mie Dari Sayuran Sawi

Mie adalah panganan yang terbuat dari tepung berbentuk tipis panjang dan umummnya berwarna kekuningan, disajikan dalam bentuk basah maupun dikeringkan dan diproses dengan perebusan untuk memisahkan tiap helai mie yang disebut mie instan. 

Mie

Namun siapa bilang Mie hanya ada yang instan, bagi kalian yang belum tahu, mie juga bisa dibuat dari sayuran hijau sawi. Mie hijau sawi bisa menjadi salah satu solusi untuk anak-anak yang kurang suka makan sayur-sayuran berwarna hijau.

Mie hijau mentah dari sawi juga dapat diolah menjadi beberapa macam jenis masakan, seperti mie kuah sawi hijau, mie goreng sawi hijau, mie ayam, dan sebagainya.

Sebenarnya bila kalian pintar mengolahnya mie hijau ini tidak akan lagi terasa rasa sayurannya dengan hanya sedikit menambah bumbu dan rempah-rempah.

Nah bagi orang tua yang ingin mencoba membuat mie hijau dari sayuran untuk anak—anaknya, yukk simak artikel berikut. 

Resep Mie Hijau Sayuran Sawi
•    Bahan – bahan :
•    450 gram tepung terigu protein tinggi
•    2 btr kuning telur
•    150 gram sawi hijau, ambil daunnya saja, lalu blender dengan 200 ml air. Saring dan sisihkan. Bakal didapat kurleb 350 ml. Jangan sekaligus dituang sedikit-sedikit hingga dirasa adonan cukup kalis untuk dibentuk
•    3/4 sdt garam

•    Cara Mebuat :
Langkah awal blender sayuran sawi sehingga menyerupai jus, sisihkan. Kemudian ambil mangkok besar lalu campur t
Epung terigu dan garam, kedian ambil telur dan masukkan kuning telurnya. lalu tambahkan jus sawi hijau sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Jumlah jus sawi yang diperlukan tergantung kebutuhan sampai adonan menjadi kalis.

Gilas menggunakan mesin pembuat mie usahakan gilas sampai ketebalan sesuai selera. Lakukan 2 kali sampai hasil gilasan elastis dan halus. Lalu gilas kembali menggunakan pisau pembuat mie, pakai yang ukuran kecil saja. Kemudian hasil gilasan tadi taburkan dengan tepung terigu yang sudah disaring agar tidak lenget. Sampai disini mie sudah setengah jadi.

Kemudian nyalakan kompor dan didihkan air di wajan anti panas, sesuaikan ukuran wajan dengan banyaknya jumlah mie yang sudah diolah tadi. Lalu masukkan mie, Biarkan beberapa saat hingga mie matang. Angkat, tiriskan. Siap dicampur dengan minyak ayam, kecap asin, minyak wijen dan taburi dengan tumisan ayam jamur.

Mie siap diolah atau dimasak sesuai selera. Kalau belum langsung digunakan, bungkus mie mentah dengan plastik wrap rapat-rapat. Simpan dalam lemari es. Mie ini tahan hingga 1 minggu.

Jika ingin membuat mie berwarna warni pelangi rainbow, misalnya mie oranye atau mie merah atau mie warna warni sayur alami dan buah-buahan, ganti sari air sawi dengan air wortel/labu kuning/ strawbery dengan takaran akhir kurleb 300 ml. Begitu pun jika ingin membuat mie merah, blender 1 buah bit dengan 200 ml air, saring. Mie hitam, campur tinta cumi dengan air hingga berjumlah 200 ml.

Nah itulah resep untuk membuat mie dari sayuran hijau sawi, sebenarnya sampai saat ini, mie baru setengah jadi. Kamu juga bisa membuat mie sawi yang setengah jadi ini dengan berbagai macam kreasi mie yang lain.

Sekian dulu artikel tentang Resep Mie Sehat, Mie Dari Sayuran Sawi kali ini, mudah mudahan bisa menjadi inspirasi bagi kalian yang ingin menikmati cita rasa mie yang berbeda dari biasanya.

Posting Komentar

0 Komentar