Selain Konsumsi Makanan Pelancar ASI, Lakukan 5 Kegiatan Ini Agar ASI Tetap Lancar!

Halo bunda… kali ini saya ingin berbagi cerita mengenai pengalaman menyusui anak pertama. Mungkin diantara pembaca sekalian lagi ada yang mencari informasi seputar makanan pelancar ASI . Dari cerita saya ini, mungkin bunda bisa sedikit berlajar tentang kegiatan menyusui atau ngASI. Yuk simak ceritanya. 


1.    Makanan Pelancar ASI Yang Ampuh
Dulu, saya kira untuk membuat ASI lancar harus mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu. Nyatanya tidak selalu! Awal mula melahirkan, memang sempat minum pil booster ASI dan hasilnya memang ampuh. Tapi, karena pada dasarnya saya adalah orang yang cepat bosan dan ga doyan minum jenis obat-obatan, akhirnya cuma bertahan beberapa minggu. Saya lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan alami seperti sayur, buah dan lainnya. Intinya makan seperti biasanya. Lambat laun, informasi mengenai makanan pelancar ASI terbaik sampai ke telinga saya, usut punya usut nih bund… makanan pelancar ASI yang ampuh dan terbaik adalah makanan yang kita senangi. Well, sesimple itu ternyata. saya sudah membuktikannya sih, beberapa jenis makanan favorit saya dan juga semacam jadi booster ASI adalah es krim, buah durian, kacang almond dan kopi herbal. Ini booster ASI versi saya lho… gimana dengan bunda?

2.    Wajib “Me Time”
Menjadi seorang ibu ternyata tidak mudah, perlu tenaga, waktu, dan terkadang menguras pikiran juga. Agar selama merawat anak tetap bisa “waras”, wajib nih punya waktu khusus atau “Me Time”. Kalo saya pribadi, sering “Me Time” dengan melakukan hobi seperti menonton film, belanja atau membaca buku. Waktu khusus bagi seorang ibu untuk menyegarkan pikiran dan tubuh sangat penting, tidak hanya bagi dirinya pribadi tetapi juga untuk anak, karena dibalik ibu yang bahagia terdapat ASI yang lancar. Ciyusss deh…!

3.    Lakukan Hobi Atau Hal Yang Menyenangkan
Ya… seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, melakukan hobi atau hal-hal yang menyenangkan sangat penting bagi seorang ibu yang masih menyusui. Cari waktu luang untuk bisa melakukan hobi, meski hanya sebentar. Kegiatan melakukan hobi ini bisa jadi semacam pemicu rasa bahagia pada ibu dan juga penghilang stress yang ampuh. Untuk itu, komunikasikan hal ini dengan pasangan atau orang sekitar seperti keluarga, agar dapat membantu anda meluangkan waktu sebentar agar bisa melakukan hal menyenangkan tanpa gangguan. Usai itu, dijamin ibu akan lebih fresh dan siap kembali momong anak.

4.    Hindari Stres
Ada banyak hal yang bisa memicu seorang ibu menjadi stress, misalnya saja ASI yang tidak lancar, anak yang aktif dan tidak terkendali, tuntutan pekerjaan dan sebagainya. Meski ini sulit, namun cobalah untuk tidak memaksakan diri hingga berujung pada stress. Lakukan hal sederhana namun bisa membuat anda lebih rileks, minum teh hangat di pagi hari, mendengarkan lagu favorit, memperbanyak ibadah adalah beberapa jenis kegiatan kecil namun dapat berdampak besar bagi psikologis seorang ibu.

5.    Usahakan Istirahat/Tidur Yang Cukup
Sejak memiliki anak, saya semakin sulit mendapatkan tidur yang nyenyak, apalagi jika anak masih ngASI. Selain harus mengupayakan bagaimana bisa mengkonsumsi makanan pelancar ASI secara rutin, saya juga harus berusaha agar kebutuhan waktu istirahat tetap terpenuhi. Idealnya, jika anak tidur, ibunya juga tidur. Namun, kenyataannya kadang tidak demikian, ada saja hal-hal yang membuat ibu jadi susah tidur nyenyak. Tidak mengapa, tetap berusaha dan cari celah untuk bisa istirahat dan tidur yang cukup ya mom agar ASI tetap lancar.

Posting Komentar

0 Komentar