Ini Dia Manfaat Asuransi yang Belum Kamu Ketahui

Manfaat Asuransi

Mengetahui fungsi manfaat asuransi itu sangat penting sekali sebelum Anda berniat untuk memakai asuransi. Terlebih bila pemahaman Anda tentang asuransi yang ada di Indonesia masih rendah. Sehingga, dibutuhkan pemahaman lebih lanjut agar Anda bisa mendapatkan manfaatnya yang lebih banyak. Padahal, saat ini jumlah keikutsertaan para masyarakat terhadap asuransi yang ada masih minim dan tidak begitu memiliki jumlah peminat yang banyak. Padahal, sebenarnya asuransi itu bisa memberikan keuntungan yang cukup banyak sekali demi mengganti ganti rugi dana perlindungan pada jangka waktu lama. Misalnya saja, seperti asuransi aset atau asuransi harta, asuransi kesehatan, dan juga asuransi jiwa.

Karena asuransi itu sebenarnya merupakan sebuah pertanggungan. Berdasarkan UU RI dan kitab KUHB, menyatakan bahwa asuransi itu diartikan sebagai sebuah perjanjian yang telah dilakukan oleh kedua belah pihak atau bahkan lebih. Dimana semuanya saling terikat di antara tertanggung dan penanggung. Pihak penanggung yang akan menerima premi asuransi yang berasal dari tertanggung ini bisa dijadikan sebagai wujud atas pergantian resiko yang telah dibayar oleh pihak yang tertanggung karena kejadian tertentu di masa mendatang. Peristiwa ini secara awam dipahami sebagai sebuah resiko yang terjadi karena beberapa hal yang tidak diinginkan.

Maka dari itulah, agar semakin tahu betapa penting dari keikutsertaan asuransi jiwa, termasuk yang disediakan oleh Ciputra Life, sebaiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini dulu tentang manfaat asuransi bagi semua orang yang ikut serta, antara lain:

Pertama, dengan ikut serta terhadap asuransi tertentu, itu artinya bahwa Anda telah cukup aktif melakukan sebuah pengalihan resiko. Ini bisa berguna juga untuk a risk transfer mechanism terhadap hal-hal yang tidak pasti yang menyebabkan terjadinya kerugian karena peristiwa yang tak terduga dan diubah menjadi sebuah kepastian ganti rugi atau santunan terhadap premi asuransi yang sudah dibayar.

Pengalihan resik ini sebenarnya tidak berarti akan menghilangkan terjadinya misfortune dari pihak tertanggung asuransi saja. namun, pengalihan resiko ini memberi peace of mind pada pihak nasabah tentang kemungkinan yang terjadi atas peristiwa yang cukup merugikan. 

Kedua, asuransi itu adalah sarana untuk penghimpun sebuah dana dari nasabah. Dana ini bisa dipakai sekaligus dikembangkan oleh pihak asuransi lewat jalus investasi yang jauh lebih menguntungkan. Karena tugas dari perusahan asuransi itu adalah untuk menghimpun dana. Maka dari itulah, investasi adalah salah satu hal yang sering diambil supaya uang dapat terkumpul dan bisa dikelola secara produktif.

Kegiatan investasi yang dapat dilakukan oleh pihak asuransi ini bisa dilakukan dimana saja. dari hasil investasi ini bisa pula dipakai untuk strategi dalam menurunkan biaya untuk preminya. Premi ini nanti dipakai untuk membayar segala resiko yang ditanggung pihak pembayar premi atau pihak nasabah.

Ketiga, pihak asuransi seperti Ciputralife.com jauh lebih menjamin karena adnaya premi yang seimbang. Karena asuransi dapat diandalkan untuk penjamin atas kerugian orang dengan cara membayar premi yang jumlahnya bisa dipertanggung jawabkan. Besaran premi yang wajib dibayar ini tergantung dari tarif premi yang berlaku sesudah dikalikan dengan jumlah pertanggungan.
Untuk tarif premi tersebut dikenal baik sebagai rate of premium. Dimana pada akhirnya, pembayaran premi tersebut dilakukan pihak nasabah polis yang nilainya seimbang terhadap resiko yang telah dialihkan pada pihak penanggung atau pihak asuransi. Kondisi yang seperti ini disebut juga dengan quitable premium.

Posting Komentar

0 Komentar