Inilah 4 Kriteria yang Harus Dipenuhi Jika Ingin Masuk Timnas Indonesia

Bisa bergabung ke dalam Timnas Indonesia tentu menjadi angan-angan dari semua pecinta olahraga sepak bola di tanah air. Hanya saja untuk bergabung di dalam Timnas, misalnya di Timnas U 16 tentu persyaratannya tidak mudah. Apalagi yang namanya Timnas tentu nantinya akan memiliki tujuan membela bangsa melalui pertandingan di dalam lapangan hijau. Maka pemain yang bisa masuk ke dalam Timnas adalah pemain pilihan yang dipilih dengan kriteria dan standar yang tinggi.   

Timnas Indonesia

Meskipun Timnas tanah air masih memiliki prestasi yang belum gemilang di kancah internasional, namun perkembangannya patut diacungi jempol. Sebab berkat kegigihan pelatih Timnas U19 yakni Indra Sjafri yang rela blusukan untuk menyaring pemain berbakat di berbagai daerah. Rupanya Timnas U19 ini sukses menunjukan bakatnya dalam mempertahankan gawang dari serangan tim lawan. Pertandingan yang berkualitas dan memukau pun berhasil disuguhkan, sehingga pamor sepak bola tanah air semakin meningkat.

Kriteria Masuk ke dalam Timnas

Tak pelak banyak pecinta sepak bola kemudian tertarik untuk ikut membela bangsa lewat lapangan hijau dengan masuk ke dalam Timnas. Hanya saja Anda wajib memenuhi kriteria dasar yang diinginkan oleh PSSI maupun Indra Sjafri, berikut adalah kriteria tersebut:

1.    Memiliki teknik bermain yang baik,
Untuk bisa masuk dalam memperkuat Timnas di tanah air siapa saja musti memiliki teknik bermain yang bagus. Dikatakan bagus adalah memiliki ciri khas setiap kali beraksi merebut maupun membawa bola. Tidak pernah takut atau gagap menggiring bola ke gawang lawan, sehingga punya teknik dasar yang sudah matang.

2.    Cerdas saat beraksi di lapangan,
Bermain sepak bola rupanya bukanlah ajang sekedar menendang bola karena faktanya memang tidak mudah, jadi jangan samakan dengan belanja online yang terbilang praktis. Permainan menjadi gemilang dan sedap disaksikan manakala para pemainnya terbilang cerdas dalam menanggapi situasi. Tatkala berada di ujung tanduk kekalahan pemain tetap semangat menyerang gawang lawan tanpa perlu melakukan pelanggaran. Diharapkan semua pemain Timnas Indonesia memiliki kecerdasan beraksi di lapangan hijau.

3.    Memiliki fisik yang kuat,
Olahraga sepak bola memang menuntut semua pemainnya untuk memiliki fisik yang sehat dan kuat. Sebab selama 90 menit bertanding digenjot untuk berlari tanpa henti dan tanpa jeda istirahat yang pasti dan kontinyu. Ditambah ketika latihan durasi bermain di lapangan hijau akan bertambah, maka diwajibkan bagi calon anggota Timnas memiliki fisik yang mendukung. Tidak hanya cukup umur melainkan juga sehat dan kuat.

4.    Memiliki mental baja saat bertanding,
Mental menjadi kriteria yang juga musti dimiliki para anggota Timnas tanah air, karena bisa jadi di lapangan bertemu tim lawan yang fisiknya lebih unggul. Ketika mental untuk bertanding tidak maksimal dijamin akan langsung menciut nyalinya sehingga permainan tidak maksimal. Pelatih Timnas U19 menginginkan pemain yang mentalnya sekuat baja, apalagi dalam pertandingan tetap ada kemungkinan menjadi pihak yang kalah.

Bagi Anda yang selama ini serius menekuni sepak bola bisa terus berlatih dan bergabung ke dalam tim di daerah masing-masing. Supaya terlatih secara kontinyu dan sistematis sekaligus bisa mengikuti pertandingan sesuai dengan jadwal dari daerah masing-masing. Siapa tahu saat Anda bertanding sedang diamati oleh Indra Sjafri yang dipingit menjadi pemain Timnas U19. Sehingga jangan patah semangat terus menorehkan prestasi di lapangan hijau supaya mempermudah langkah Anda masuk ke dalam Timnas Indonesia.

Posting Komentar

0 Komentar