Fitur Alquran Digital Ini Dijamin Bikin Muslim Makin Giat Baca Alquran

Alquran Digital
Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin berkembang canggih. Banyak sekali muncul teknologi baru yang berfungsi memudahkan kegiatan manusia, salah satunya teknologi Alquran digital. Alquran merupakan kitab suci agama Islam yang wajib dibaca setiap waktu sebagai pedoman hidup. Pada umumnya, alquran berbentuk buku tebal dengan aneka ukuran, ada yang besar dan ada pula yang kecil dengan besar tulisan Arab yang menyesuaikan. 

Terkadang, membawa Alquran bepergian membutuhkan tas khusus supaya dapat disimpan dengan aman. Namun, ketika sudah tidak ada lagi ruang kosong di tas pasti membuat beberapa umat muslim bingung. Tidak perlu khawatir, sekarang ini sudah ada Alquran digital yang dapat di-instal di smartphone sehingga kamu tidak perlu repot lagi membawanya. Selain itu, Alquran digital juga memiliki fitur yang cukup lengkap. Apa saja? Ini dia ulasannya. 

Alquran Digital Saudi Arabia

Sebenarnya tak hanya satu jenis macam Alquran digital saja yang berkembang. Sudah banyak perusahaan aplikasi yang mengembangkan teknologi ini seperti yang dilakukan oleh salah satu universitas di Saudi Arabia yang bernama Quran Karim. Ya, negara muslim tempat Ka’bah berada itu sangat peduli sekali dengan hal-hal yang berkaitan dengan keislaman salah satunya dengan mengembangkan fitur Alquran digital yang bisa diakses melalui ponsel. Apa saja fitur yang melengkapi alquran digital versi Arab ini? 

Teks Mudah Dibaca
Ciri Alquran yang baik adalah menyediakan tulisan yang jelas dan tentunya mudah dibaca. Selain itu, fitur Alquran ini juga dilengkapi dengan kursor penunjuk ayat yang sedang dibaca. 

Fitur Audio
Aplikasi Alquran digital ini dilengkapi dengan audio syeich yang terkenal dari Timur Tengah. Jadi, buat kamu yang masih awam dengan tulisan arab, bisa banget menggunakan fitur ini untuk membantu belajar bahasa Alquran. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk metode menghafal  dengancepat. Caranya dengan mengulang pembacaan satu kali sebanyak yang kamu inginkan.

Multibahasa
Nah, buat kamu yang ingin belajar ALquran lebih dalam bisa menggunakan fitur penerjemah multibahasa ini. Jadi, kamu bisa lebih paham setiap makna tulisan arab jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

Kitab Tafsir
Ada juga fitur kitab tafsir dalam aplikasi Alquran digital dari Arab Saudia yang dapat menjadi sumber belajar dan bisa diakses kapan saja. Sayangnya, belum semua kitab diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Namun, aplikasi ini sudah didukung oleh semua perangkat gadget, baik android ataupun iOS. Tersedia juga untuk aplikasi yang dapat dipasang di perangkat komputer khusus Windows, Linux, dan Mac OS.

Alquran Digital Indonesia
Buat kamu yang ingin menggunakan aplikasi Alquran digital khusus buatan developer Indonesia (Andi Unpam) bisa mengunduh aplikasi Alquran digital Indonesia. Jika dilihat dari review di Google Play Store, aplikasi asli Indonesia ini memiliki predikat baik dari para pengguna. Hal ini tak mengherankan jika kamu melihat fitur yang tersedia dalam aplikasi sangat lengkap. Apa saja fiturnya?b

Tersedia Terjemahan Bahasa Indonesia
Seperti pada Alquran terjemahan lain yang berbentuk buku, aplikasi ini menyediakan arti dari setiap ayat yang dibaca dalam bahasa Indonesia. Kamu bisa membaca lengkap 114 surah dalam 30 juz Alquran digital setiap saat menggunakan aplikasi ini.

Fitur Audio
Salah satu keunggulan dari Alquran digital ini adalah adanya fitur audio murottal dari 7 qori dengan suara indah. Kamu bisa memilih salah satu qori favoritmu dan dengarkan kapan saja. Nah, sebelum memanfaatkan qori ini, tentu kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu satu per satu.

Fitur Notifikasi
Tahukah kamu jika fitur Alquran digital juga bisa dilengkapi dengan fitur notifikasi seperti suara azan? Jadi, kamu bisa mengaturnya supaya kamu selalu ingat kapan tiba waktu salat. Menarik bukan?

4. Pilihan Mode
Ingin melihat Alquran digital lebih jelas? Yuk, atur mode layar ponselmu menjadi landscape atau portrait yang kemudian akan diikuti oleh bacaan Alquran digital. Masih banyak lagi fitur lain dari aplikasi ini seperti pencarian ayat, salin ayat, tulisan latin, dan penanda bacaan terakhir.

Aplikasi MyQuran Al Quran Indonesia


Aplikasi MyQuran hasil garapan Wali Studio ini adalah Alquran versi digital yang disesuaikan dengan dengan versi cetak Indonesia. Meski tulisan ayatnya sama, ada fitur tambahan lain yang pastinya lebih lengkap, seperti kumpulan doa-doa, ayat sajdah, 99 Asmaul Husna yang disertai dengan versi audio, tugas khatam bagi kamu yang sedang menghafal alquran, dan masih banyak lagi.

Nah, itu dia beberapa pilihan Alquran digital yang bisa kamu pilih dan baca setiap saat. Tentu dari setiap aplikasi yang ada punya fitur-fitur menarik yang bisa kamu manfaatkan. Sudahkah kamu mengunduh aplikasi tersebut? Yuk, tingkatkan imanmu dengan membaca Alquran dengan praktis kapanpun dan di manapun. 


Posting Komentar

0 Komentar