5 Cara Mencegah Penyakit Menular Gonore

Banyaknya kasus penyakit menular akibat penyimpangan seksual memang membuat khawatir. Salah satu dari sekian banyak penyakit kelamin yang sering terjadi yaitu Gonore atau Kencing Nanah. Berbagai gejala yang ditimbulkan serta rasa sakit akibat penyakit ini benar-benar menyiksa. Sebagian orang yang terkena penyakit Gonore adalah mereka yang memiliki kebiasaan atau perilaku tidak sehat.  

Gonore Klinik Pandawa

Agar terhindar dari penyakit menular seperti Gonore atau penyakit kelamin lainnya, sebaiknya lakukan hal berikut! 

1.    Hindari Seks Bebas
Perilaku buruk berupa kebiasaan melakukan hubungan seks kepada banyak orang memang berisiko tinggi tertular penyakit kelamin. Terlebih jika pasangan seks tersebut bukan orang yang kita kenal sehingga tidak mengetahui apakah ia memiliki penyakit kelamin atau tidak. Hal ini semakin membuat kemungkinan tertular penyakit seperti Kencing Nanah semakin besar. Oleh sebab itu, hindari melakukan seks bebas kepada banyak orang. 

2.    Setia Pada Pasangan
Jika telah memiliki pasangan yang sah, cobalah untuk setia dan tidak melakukan hubungan seks dengan orang lain diluar pernikahan. Selain resiko tertular penyakit, juga ada kemungkinan menularkan penyakit kepada orang lain. 

3.    Jangan Berhubungan Seks Dengan Orang Yang Terindikasi Penyakit
Ketika hendak menikah, ada baiknya untuk menanyakan kepada calon apakah ada memiliki penyakit menular atau tidak. Keterbukaan dan kejujuran tentang hal ini akan sangat membantu dalam pencegahan penyakit menular seperti Gonore. 

4.    Gunakan Kondom
Meski tidak 100% aman dapat mencegah dari penyakit kelamin, namun setidaknya dengan menggunakan kondom sebagai pengaman ketika berhubungan seks dapat mengurangi resiko terjangkit penyakit.  

5.    Lakukan Cek Rutin
Apabila timbul tanda-tanda gejala penyakit menular seksual, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Melakukan serangkaian uji dan test laboratorium akan lebih baik guna memastikan adanya penyakit atau tidak. Terlebih bagi yang pernah punya riwayat penyakit kelamin, maka sangat dianjurkan untuk melakukan cek rutin, misalnya sebulan sekali untuk mencegah datangnya penyakit kembali. 

Sebagian besar penderita penyakit kelamin, umumnya merasa malu untuk melakukan pemeriksaan sehingga sering menunda-nunda pengobatan. Hal ini justru mengakibatkan semakin parahnya penyakit. Jika malu pergi ke dokter, mungkin bisa datang ke klinik kesehatan terlebih dahulu seperti yang ada di KLINIKPANDAWAJAKARTA.COM.

Posting Komentar

0 Komentar