Mitos vs Fakta Seputar Kehamilan

Ibu hamil memang selayaknya menjaga kandungannya bersama pasangan dengan menjauhi hal-hal yang dilarang pada saat hamil, selain menjauhi hal-hal yang dilarang ada pula beberapa aktivitas yang disarankan ketika hamil seperti olahraga ringan, tidak lupa juga ibu hamil harus mengonsumsi Makanan Untuk Ibu Hamil setiap harinya agar kesehatan ibu dan bayi tetap terjaga hingga hari persalinan tiba.  

Ibu Hamil

Dari sekian banyak pantangan tersebut, terkadang ada saja fakta yang dianggap mitos atau mungkin mitos yang di anggap fakta, apa saja hal-hal tersebut ? simak ulasannya di bawah ini

Mitos : Memakan buah nanas akan menyebabkan keguguran

Fakta : Mitos tersebut benar, konsumsi buah nanas memang bisa menyebabkan kontraksi, tapi itu hanya terjadi jika nanas dikonsumsi dalam jumlah besar, diperlukan beribu ribu kilogram nanas agar terjadi kontraksi, jika konsumsi nanas tersebut masih dalam batas normal maka buah nanas malah akan menyehatkan

Mitos : Ibu hamil lebih sering digigit nyamuk

Fakta : Hal ini benar adanya, ibu hamil memang lebih disukai nyamuk dibandingkan wanita yang tidak hamil, penyebabnya sendiri adalah ibu hamil bernafas lebih berat jadi karbondioksida yang dihembuskan saat bernafas lebih banyak 21 persen dibandingkan dengan saat tidak hamil, karbondioksida inilah yang menarik perhatian nyamuk, selain itu faktor suhu tubuh juga menyebabkan hal ini, ibu hamil memang memiliki suhu tubuh lebih tinggi dibandingkan dengan saat tidak hamil, sedangkan nyamuk sendiri mencari mangsa dengan cara mendeteksi suhu tubuh. Untuk mengatasi hal ini ibu hamil bisa mandi secara teratur dan menggunakan bedak perspirant.

Mitos : Bentuk perut menentukan jenis kelamin, bentuk perut yang mancung atau maju maka jenis kelamin laki-laki, bentuk perut yang bulat maka jenis kelamin perempuan


Fakta : Sebenarnya hal ini tidak benar, bentuk perut tidak ada hubungannya sama sekali dengan jenis kelamin bayi yang sedang dikandung. Sedangkan bentu perut saat hamil sebenarnya terkait dengan bentuk badan si ibu sendiri.

Mitos : Ibu hamil akan lebih sering terkena sembelit atau susah buang air besar

Fakta : Hal ini benar adanya, penyebabnya sendiri adalah hormon progesteron yang terus meningkat berfungsi untuk mencegah kelahiran prematur, selain itu otot ini juga membuat otot lainnya menjadi rileks terutama otot pada daerah pencernaan sehingga mengakibatkan sembelit pada ibu hamil. Penyebab lainnya adalah zat besi yang terlalu banyak di konsumsi, walaupun zat besi sendiri merupakan salah satu Nutrisi Untuk Ibu Hamil yang penting untuk kesehatan bayi. Untuk mengatasi hal ini ibu hamil bisang mengonsumsi buah, sayur, dan biji-bijian untuk menambah serat agar dapat mengurangi sembelit, selain itu meminum banyak cairan juga dapat mengatasi hal ini.

Mitos : Berbicara dengan janin dapat membuat rileks

Fakta : Hal ini juga benar adanya, hanya saja ini bisa dilakukan ketika kandungan sudah mulai terlihat membesar, pada usia ini janin sudah bisa memberikan respon pada ibunya, menurut dr Boy Abidin SpOG, mengajak bayi ngobrol selama 5-10 menit dapat memberikan ibu ketenangan, dan tentunya akan ada respon positif pada bayi.

Mitos : Ibu hamil sangat mudah dehidrasi


Fakta : Orang normal membutuhkan sekitar 2,5 liter cairan, sedangkan ibu hamil memerlukan sekitar 2,8 liter cairan, jadi fakta ini benar adanya. Semakin tua usia kandungan maka penguapan yang terjadi akan semakin banyak. Karena itulah kebutuhan air pada ibu hamil memang lebih banyak dibandingkan orang biasa, cairan ini tidak hanya didapatkan dari minuman tapi juga dari makanan. Kebutuhan air ini juga sangat berpengaruh pada bayi, jika cairan ketuban berkurang maka bayi tidak akan berkembang dengan baik.

Posting Komentar

0 Komentar