Manfaat Diet Untuk Kesehatan Fisik



Tips Diet Untuk Kesehatan Fisik

Diet selama ini dikenal sebagai usaha untuk menurunkan berat badan seseorang. Diet juga dilakukan ketika seseorang ingin mengatur asupan nutrisi yang dikonsumsinya. Namun jangan salah, tips diet tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan postur tubuh yang ideal saja, tetapi juga untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Beberapa manfaat diet untuk kesehatan fisik kita adalah seperti yang diuraikan di bawah ini:

1. Menjaga Berat Badan
Menontrol berat badan memang merupakan fungsi utama sebuah program diet. Tidak hanya mengurangi asupan karbohidrat, diet sebenarnya bertujuan untuk menyeimbangkan asupan nutrisi dengan kebutuhan tubuh lainnya. 

2. Mencegah Kanker
Mengkonsumsi serat saat diet bertujuan untuk memperlancar pencernaan. Hal ini mencegah endapan sel kanker pada usus besar, sehingga mengurangi resiko penyakit kanker.

3. Menjaga Lambung
Melakukan diet sesuai dengan anjuran yang aman menjaga perut agar tetap kenyang dan mencegah terjadinya asam lambung, sehingga fungsi lambung tidak terganggu.

4. Mencegah Alzheimer
Program diet yang diimbangi dengan olahraga yang seimbang membuat kesehatan otak menjadi lebih terjaga, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, serta mencegah penyakit alzheimer.

5. Menjaga Kesehatan Jantung
Diet pasti berpengaruh besar pada jumlah kolesterol dan lemak pada tubuh. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan kaya serat pada buah dan sayur yang kita makan dapat mencegah timbulnya penyakit jantung. 

6. Mencerdaskan Otak
60% dari otak kita tersusun dari lemak yang berasal dari manfaat omega 3. Omega 3 membuat hubungan antar sel dalam otak menjadi semakin baik, sehingga kemampuan berpikir dalam pemecahan masalah pun meningkat.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Dengan melakukan program diet tertentu, kita telah menyeimbangkan manfaat lemak yang ada di dalam tubuh kita. Kandungan lemak yang seimbang berdampak positif pada daya tahan tubuh kita.

8. Mencegah Diabetes dan Stroke
Diabetes dipengaruhi secara langsung oleh serat yang kita konsumdi. Buah dan sayuran yang kita konsumsi selama diet dapat mengatur keseimbangan kadar gula dalam tubuh, sehingga mencegah resiko diabetes. Serat yang diatur konsumsi dan asupannya saat program diet ternyata dapat menurunkan resiko timbulnya penyakit stroke. Karena itu, American Heart Assosiation menyarankan kita untuk mengkonsumsi serat sedikitnya 25 gram setiap hari.

Posting Komentar

0 Komentar