Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Bisa Lebih Awet dan Tahan Lama

Alat pendingin ruangan akhir-akhir ini menjadi alat yang wajib dimiliki karena suhu di Indonesia yang semakin panas. Hal ini juga berlaku untuk kenyamanan di sebuah mobil yang selalu berada di jalan raya. Jalanan yang panas lengkap dengan debu-debu membuat Anda ingin menutup jendela namun tetap memiliki udara yang sejuk dan nyaman. Karenanya sebuah AC mobil sangat diperlukan bahkan lebih diperlukan daripada Ac rumah. Jika mobil Anda sudah memiliki AC mobil maka Anda sudah bisa merasakan kenyamanan suhu dingin meski jendela tertutup rapat. Tetapi jika Ac sudah dinyalakan namun udara di dalam mobil tetap panas, mungkin ada yang salah dengan kompresor AC mobil anda.

Kompresor AC Mobil

Kompresor Ac berguna untuk menghasilkan angin yang nantinya dihembuskan oleh mesin AC. Namun suhu udara tersebut terlebih dahulu didinginkan sesuai dengan pengaturan yang dilakukan oleh si pengguna mobil. Jika suhu udara di dalam mobil tetap panas meski AC mobil sudah di setting lebih dingin, maka bisa jai bagian kompresor AC mengalami kerusakan. Untuk pergantian kompresor ac sendiri memerlukan biaya yang cukup besar baik untuk jasa service dan pergantiannya juga untuk membeli sebuah kompresor AC baru.

Untuk itu sebelum AC mobil Anda mengalami kerusakan, ada baiknya Anda rutin melakukan perawatan AC mobil seperti berikut ini:

1.    Tutup rapat jendela ketika menghidupkan AC.
AC memiliki fungsi untuk mengatur suhu ruangan sesuai dengan settingan yang telah diinputkan padanya. Caranya adalah dengan memberikan udara atau angin dengan suhu yang diminta. Tetapi hal tersebut akan menjadi susah jika ruangan dalam keadaan terbuka sehingga suhu di dalamnya berubah-ubah. Udara di dalam ruangan akan lebih sulit diatur suhunya sehingga membuat tugas Ac semakin berat. Hal tersebut bisa membuat kompresor bekerja ekstra yang mengurangi umur kerjanya. Bukan hanya kompresor saja, namun AC juga bisa cepat rusak jika Anda menghidupkan AC dalam keadaan ruangan terbuka.

2.    Setting suhu bertahap.
AC tipe tertentu membutuhkan waktu yang lama untuk menghasilkan suhu ruangan berada di posisi tertentu. Hal ini juga berlaku terutama untuk AC mobil. Karenanya sebaiknya Anda mengatur suhu secara bertahap dengan cara menurunkan suhunya sedikit demi sedikit sembari berjalan di jalan raya. Dengan begitu kerja kompresor AC mobil akan menjadi lebih ringan. Jika suhu sudah berada di suhu yang sesuai dengan settingan Anda, turunkan lagi bertahap hingga ke suhu yang sebenarnya Anda inginkan.

3.    Matikan AC saat tidak digunakan.
Mematikan AC saat semua orang keluar dari mobil juga bisa menghemat tenaga mobil dan bahan bakarnya. Selain itu tentu umur AC dan komponennya akan lebih panjang karena tidak digunakan secara serampangan. Jika semua orang turun dari mobil dalam waktu yang cukup lama maka sebaiknya mematikan AC dan mesin mobil sehingga AC bisa mendinginkan mesinnya sendiri.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat kompresor AC mobil Anda agar tidak mudah rusak sehingga Anda terhindar dari biaya perawatan atau juga pergantian kompresor dan mesin AC secara keseluruhan. Harga mesin AC mobil di situs belanja online terpercaya sendiri sudah jutaan rupiah. Merawat akan memerlukan biaya yang lebih sedikit karena yang lebih diperlukan adalah ketelatenan dan kedisiplinan dalam melakukan perawatan. Yang juga tak kalah penting adalah selalu membersihkan komponen mobil terutama bagian mesin AC dan interiornya sehingga mesin dan perangkat mobil lainnya tak mengalami kerusakan akibat kotor atau tersumbatnya ventilasi akibat debu.

Posting Komentar

0 Komentar