Mengetahui Karakteristik Anak Untuk Memahami Psikologi Anak SD

Memiliki anak yang sudah duduk di bangku Sekolah SD mengharuskan Anda untuk lebih intens membangun kedekatan dengan anak. Kedekatan secara emosional harus selalu dipupuk agar Anda memahami psikologis anak. Saat mengetahui betul tahapan psikologi anak SD, tentu ini akan memudahkan Anda dalam mengarahkan dan memilih metode-metode yang tepat demi keberlangsungan proses belajarnya.

Namun dalam praktiknya, adakalanya Anda akan menemukan masalah-masalah dimana merasa sulit untuk memahami tahap perkembangan psikologis anak. Sebab ternyata ada hal lain yang perlu diperhatikan, yakni ketika Anda ingin memahami psikologi anak SD, maka harus dimulai dengan memahami karakteristik anak SD itu sendiri. Apa saja karakteristiknya? Berikut ulasan lengkapnya.

Psikologi Anak SD

Senang bermain
“Namanya juga anak-anak”, ini adalah kalimat yang sering diucapkan oleh para orangtua yang sudah memahami dunia anak. Yup, mari berkaca dan bernostalgia, dulu saat masih SD, pasti Anda juga senang bermain bukan? Bahkan tidak jarang sampai lupa waktu.
Sama halnya dengan anak Anda yang saat ini menempuh pendidikan di Sekolah Dasar. Ia juga senang bermain, karena dunia anak memang didominasi dengan kegiatan bermain. Jadi jangan melarang anak untuk bermain selagi hal ini tidak menganggu jam belajar maupun membahayakan dirinya. Tetap awasi dan arahkan.

Tidak bisa diam
Frasa “tidak bisa diam” ini sebenarnya untuk menggambarkan kondisi dimana anak-anak sangatlah aktif dan seolah-olah tidak mau diam maupun duduk. Ya inilah anak-anak, apabila Anda betah duduk berjam-jam ketika menghadiri seminar, maka lain halnya dengan anak Anda, ia akan sering bergerak bahkan berlarian saat tengah berada di dalam kelas. Anak pada usia ini paling lama bisa duduk selama 30 menit saja.

Lebih semangat belajar dengan kelompok
Hal ini bisa terlihat dari betahnya anak bermain berjam-jam bersama teman sebayanya. Pada tahapan ini anak memang sudah bisa bersosialisasi dengan lingkungan dan temannya. Sama halnya saat anak berada di dalam kelas, ia lebih menyukai kegiatan belajar yang dilakukan secara berkelompok.
Anak akan belajar tentang bagaimana mengungkapkan pendapat, bekerja sama, mendengar, menyimak, setia kawan, dan lainnya. Luangkan banyak waktu untuk mendengarkan curhat anak saat anak pulang sekolah. Biasanya anak akan semangat menceritakan kegiatan belajar yang telah ia lakukan di sekolah.

Gemar melakukan sesuatu saat itu juga
Apabila Anda sering menunda-nunda melakukan sesuatu, maka tidak dengan anak-anak. Anak justru lebih semangat praktik atau mencoba berbagai hal yang telah dipelajarinya. Misalnya hari ini di sekolah mendapat pelajaran tentang cara membuat bunga dari kertas, maka bukan tidak mungkin jika sesampainya di rumah ia akan langsung sibuk mempraktikkan apa yang sebelumnya didapat dari sekolah.

Demikianlah beberapa karakteristik umum yang akan Anda temui pada anak SD. Dengan mengetahui karakteristik-karakteristik tersebut diharapkan dapat membantu Anda dalam memahami psikologis anak SD.

Posting Komentar

0 Komentar