Bukan Gorengan, Inilah Camilan yang Biasa Dijadikan Teman Minum Kopi

Cara Membuat Kopi Enak Dirumah
Tentu kamu sepakat kalau momen minum kopi belum lengkap jika tidak ada sajian pendampingnya. Camilan memang sering dijadikan sebagai teman saat menyeduh kopi. Kopi saja sudah sangat nikmat, apalagi jika ditambah dengan makanan ringan yang rasanya tak kalah lezat. Kendati demikian, untuk menciptakan momen minum kopi semakin sempurna, pastikan kamu tahu cara membuat kopi enak dirumah ya. 

Bicara tentang makanan ringan, banyak sekali jenis olahan makanan ringan yang bisa dijadikan teman ngopi. Namun di Indonesia sendiri menu camilan yang dipilih umumnya adalah gorengan. Lalu bagaimana dengan di luar negeri? Apakah juga memilih gorengan sebagai teman ngopi? Tentu saja tidak, lebih jelasnya berikut adalah beberapa jenis camilan yang sering dijadikan pendamping minum kopi di beberapa negara. 

Kacang-Kacangan dan Makanan Asin
Kacang-kacangan dan makanan asin seperti popcorn, roast barley dan lainnya menjadi camilan favorit pendamping minum kopi di negara Ethiopia. Masyarakat di negara ini pun mempunyai tradisi yang unik, dimana mereka menyeduh kopi dengan memanfaatkan filter untuk kemudian disajikan lengkan dengan kacang-kacangan atau makanan asin lainnya. 

Di balik dipilihnya makanan asin sebagai pendamping minum kopi ini ternyata ada alasan tersendiri. Dimana masyarakat setempat mempercayai jika cita rasa kopi akan lebih terasa apabila dinikmati dengan makanan asin. 

Dari sinilah yang akhirnya membuat masyarakat Ethiopia tidak menyarankan untuk minum kopi sembari menikmati camilan dengan rasa manis. Lebih dari itu, di negara ini menyeduh kopi dinilai sebagai tradisi yang sakral dan menjadi ritual kehormatan. 

Roti dan Pastry
Apabila di Ethiopia memilih menikmati kopi dengan makanan asin, maka lain halnya dengan negara Eropa. Masyarakat negara ini memilih roti dan pastry sebagai pendamping minum kopi. Di Perancis misalnya, dimana kebanyakan masyarakat setempat menikmati segelas kopi dengan mencelupkan sobekan croisant. 

Lain lagi di Italia, yang mana masyarakatnya lebih memilih buttery pastry sebagai teman minum kopi. Sementara itu, masyarakat negara Belanda menjadikan stoopwafel sebagai pelengkap minum kopi. Hmm, semuanya merupakan camilan yang manis-manis ya. 

Buah Kering dan Rempah
Sangat berbeda dari kedua poin di atas, ternyata ada pula masyarakat yang memilih buah-buahan kering maupun rempah sebagi teman ngopi. Ya, ini merupakan kebudayaan Timur Tengah dimana pada abad ke-16 dulu kopi dinilai sebagai minuman yang dikhususkan untuk cendekiawan saja. 

Kopi di Timur Tengah ini dikenal dengan kopi yang sangat kental dan pahit. Karena ingin menyamarkan rasa pahit dari kopi, maka buah-buahan kering (dengan rasa manis) inilah yang dipilih. Sedangkan bagi yang tidak menyukai rasa manis, pun disediakan rempah-rempah, kayu manis hingga cardamon. 

Meski tagline-nya adalah “minum kopi”, ternyata setiap negara memiliki cara tersendiri untuk bisa menikmati si kental hitam ini. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencoba menikmati kopi sambil menikmati camilan-camilan di atas? Apabila iya, pastikan kamu juga tahu betul bagaiamana cara membuat kopi enak di rumah agar momen ngopi semakin menyenangkan.

Posting Komentar

0 Komentar