5 Usaha Sampingan Paling Cocok Buat Mahasiswa HKN

Agen Kudo

Tahu kamu usaha sampingan atau bisnis sampingan yang paling cocok buat mahasiswa HKN? Oh ya, HKN itu kepanjangan dari Hukum dan Kewarganegaraan, disebut juga PKN. Tapi dikabanyakan perguruan tinggi eks-IKIP biasanya disebut HKN. Jurusan ini umumnya hanya ada di perguruan tinggi yang punya jurusan pendidikan. Pada intinya jurusan ini mempelajari bagaimana menjadi warga negara yang baik dan menerapkan ideologi yang sangat pancasilais. Kerena kan? 

Tapi untuk mencari usaha sampingan dibindang ini lumayan sulit. Kecuali kamu benar-benar orang yang kreatif. Hanya ada beberapa bidang yang bisa kamu jadikan sebagai usaha sampingan kamu. kecuali kamu tak masalah mendapatkan usaha sampingan yang tidak terkait dengan bidang yang kamu tekuni. Hanya saja, bidang kerja sampingan yang terkait adalah yang juga mendukung jurusan kuliah kamu. 

Usaha Sampingan Mahasiswa HKN
Dibawah ini, ada beberapa usaha sampingan atau kerja sampingan mahasiswa yang masih terkait langsung dengan bidang yang ditekuni. Meskipun juga ada beberapa yang tidak teriak, tapi dengan sedikit kreativitas, kamu bisa buat itu masih terkait dengan bidang kamu. apa saja bidang itu? mari kita ulas satu persatu.  

1. Peneliti Bidang HKN
Bidang pertama yang bisa jadi kerja sampingan kamu adalah peneliti. Selain keren, bidang ini juga banyak uangnya. Kamu bisa membuat proposal penelitian lalu kamu ajukan ke instansi. Penelitian terkait dengan pancasila sangat mudah mendapatkan dana dari pemerintah dan instansi. Untuk sekali diterima, satu proposal bisa hingga 10 juta. 

2. Reporter Lepas
Kalau kamu lebih menyukai uang yang pasti meski jumlahnya tak terlalu banyak, kamu bisa mengajukan diri sebagai seorang reporter lepas. Kebetulan sekarang ini ada banyak sekali website dan media online yang membutuhkan banyak reporter. Hal ini tak lepas dari perkembangan dua teknologi yang begitu pesat. Maka banyak yang membuat media sendiri dengan tujuan yang berbeda-beda pula. Penghasilan dari sini, bisa mencapai jutaan. 

3. Les Privat
Kalau kamu punya keahlian untuk mengajar mata pelajaran Ujian nasional, kamu bisa mendaftarkan diri sebagai guru les privat. Ada banyak sekali lembaga yang membutuhkan, kalau tidak, kamu bisa menawarkan diri secara langsung. Untuk sekali les, kamu bisa mendapatkan hingga 50 ribu. Lumayan untuk menambah uang jajan.  

4. Agen Kudo
Nah berikutnya terkait dengan jual beli. Kalau kamu punya mental sebagai pedagang ulung, tapi kamu tidak tahu dimana kamu bisa mengambil barang dengan harga terjangkau dan beragam. Kamu bisa kunjungi situs kudo, lalu daftarkan diri kamu sebagai agenya. Kudo adalah kios untuk dagang online.  

5. Blogger
Sementara kalau kamu lebih suka menambah pengetahuan kamu dan membagikanya, kamu bisa buat blog lalu daftarkan sebagai publisher google. Ambil saja blog yang mengulas tentang mata kuliah kamu.

Posting Komentar

0 Komentar