Investasi Tanah Mudah Dengan Panduan Berikut Ini

Ruko Disewakan

Perkembangan dunia investasi properti memang tidak pernah ada habisnya. Tidak sedikit keuntungan yang akan kita dapatkan ketika kita mulai untuk investasi properti dari sekarang. Nilai jual properti yang meningkat membuat investasi properti semakin banyak digemari dan diincar oleh masyarakat. Salah satunya investasi tanah, sayangnya untuk menemukan tanah yang murah dengan lokasi strategis untuk investasi bukanlah hal mudah untuk dilakukan oleh para pemula. Hal ini karena mereka para pemilik tanah pun ingin mendapatkan untung dari tanah yang akan mereka jual. 

Meskipun masih banyak pilihan properti lainnya yang dapat digunakan untuk berinvestasi seperti, rumah, emas, apartemen, kondomium, hingga ruko disewakan dan properti lainnya. Namun masyarakat lebih tertarik dengan investasi tanah yang terbilang cukup mudah dan lebih murah dibandingkan dengan properti lain. Bahkan nilai jual tanah bisa dikatakan selalu stabil bahkan naik terus setiap tahunnya. Hal ini karena cukup banyak masyarakat yang membutuhkannya.
 
Meski tanah merupakan pilihan yang tepat untuk investasi. Namun tidak seikit para peminatnya yang kebingungan memilih dan menentukan lahan tanah mana yang harus dibeli. Berikut beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan dan simak.
   
Perbanyak informasi dan referensi
Perbanyak referensi mengenai tanah yang sedang ditawarkan oleh penjual. Bandingkan referensi satu dengan yang lainnya terkait dengan lokasi, harga, kondisi dan kontur tanah dan lain sebagainya. Carilah lokasi yang paling strategis untuk 5 tahun kedepan yang akan memberikan keuntungan jika dijual dikemudian hari.

Juan BU ( Butuh Uang)
Carilah papan tanda jual tanah yang pemiliknya memang sedang membutuhkan uang cepat. Tidak sedikit orang yang berniat untuk menjual tanah untuk memenuhi kebutuhan mendesak, seperti untuk mmenuhi biaya pengobatan, sekolah dan kebutuhan mendesak lainnya. Para pemilik tanah ini akan cukup mudah luluh ketika kita menawarkan harga yang lebih rendah dari harga yang mereka tawarkan.

Hindari Membeli Tanah Kavling
Tanah kavling atau tanah yang sudah memiliki patokan ukuran umumnya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tanah biasa yang tidak di patok. Tanah kavling biasanya sudah dibersihkan dan disiapkan sedemikian rupa oleh pengelola tanah kavling untuk siap dibangun maka tak heran bila harganya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan harga tanah yang masih asli yang belum siap untuk dibangun atau digunakan.

Posisi Tanah
Posisi lahan tanah yang akan dijadikan investasi akan sangat berpengaruh terhadap nilai jual tanah tersebut dimasa mendatang. Hindari untuk membeli tanah yang terletak di pinggiran sungai, dibawah sutet, ditepi kali area mudah terkena bencana, dan area yang bersebelahan dengan area yang mudah terbakar atau meledak .

Prediksikan masa depan
Tujuan dari membeli tanah ialah untuk investasi utamanya untuk mendapatkan keuntungan besar dan cukup untuk memenuhi kebutuhan kita dimasa yang akan datang. Untuk itu kita perlu untuk memprediksikan nilai jual tanah beberapa tahun kedepan pada tanah yang akan kita pilih. Perkirakan secara pasti nilai jual tanah setidaknya pada 4 tahun mendatang dengan minimal keuntungan 20 %, bila memenuhi, maka tanah tersebut berpotensi baik untuk dijadikan investasi.

Kelengkapan dokumen dan sertifikat
Pastikan bahwa seluruh dokumen dan sertifikat tanah lengkap dan asli. Karena saat ini telah banyak sekali pemalsuan sertifikat – sertifikat seperti ini. Hindari untuk membeli tanah melalui perantara atau calo. Ada baiknya jika kamu membeli langsung pada sang pemilik tanah. Karena umumnya para perantara akan mematok harga yang cukup tinggi pada tanah yang mereka pasarkan. Periksa kelengkapan sertifikat tanah dan terdaftar di BPN terdekat.

Selain surat menyurat dan hal – hal lain yang perlu dipertimbangkan diatas ada beberapa Hal lain yang mungkin sepele namun sering sekali dilewatkan oleh seseorang yang akan membeli tanah, diantaranya mungkin tidak akan terlalu merugikan namun banyak diantaranya juga yang akan memberikan dampak yang cukup buruk pada masa yang akan datang. Perhatikan beberapa hal berikut ini :
 
Biaya membuat perjanjian balik nama sertifikat ditanggung oleh kedua belah pihak secara adil tidak oleh salah satunya.
 
Periksa nama dan dentitas pemilik di sertifikat, apakah benar atas nama penjual langsung atau atas nama orang lain. Hindari membeli tanah dari pihak ketiga atau yang buka identitas tertera dalam dokumen.
 
Periksa apakah tanah yang akan dibeli merupakan tanah warisan atau tanah dengan pemilik 1 orang namun belum dipecah.
 
Pastikan semua surat dan sertifikat yang kamu terima merupakan surat yang resmi dan legal serta bisa di kroscek ke BPN

Membeli tanah memang tak bisa sembrono dan tergesa - gesa terlebih lagi bila tanah tersebut akan digunaan untuk investasi. Tidak sedikit pertimbangan yang harus diperhatikan secara matang dan bijak. Bila salah sedikit saja atau tidak teliti bukannya mendapat untuk di masa mendatang justru malah akan memberikan dampak buruk.

Posting Komentar

0 Komentar