Kenali Penyebabnya Sebelum lakukan Perawatan Rambut Rontok



Perawatan Rambut Wanita

Apapun yang kita lakukan untuk menyelesaikan masalah, jangan lupa untuk mengetahui terlebih dahulu apa akar permasalahanya. Sebab dengan begitu, cara yang kita pakai akan tepat pada pokok permasalahanya. Sama dengan perawatan rambut wanita untuk menyelesaikan masalah rambut rontok, tidak bisa dilakukan asal-asalan. Kita harus kenali terlebih dahulu, apa penyebabnya. 

Penyebab rambut rontok itu tidak tunggal, bahkan terkadang kumulatif. Meski demikian, pasti ada penyebab paling utamanya. Maka kita harus bisa menyelesaikan masalahnya tepat pada apa yang jadi penyebabnya. Penanganan untuk masalah rambut rontok, memang biasanya sama. Tapi kalau penyebabnya tidak kita ketahui, masalahnya akan terus berulang.

Penyebab Rambut Rontok
Ada banyak penyebab rambut rontok, bisa dari luar dan bisa dari dalam. Adapun beberapa penyebab rambut rontok diantaranya :

1. Kekurangan gizi
Penyebab rambut rontok pertama, jelas berasal dari dalam diri kita. terutama karena kekurangan vitamin dan gizi yang diperlukan rambut. Jika sudah begini biasanya akan menyebabkan kerusakan yang cukup parah. Kulit kepala adalah tempat dimana rambut itu tumbuh. Maka menjaga kondisinya tetap sehat dengan memberikan asupan gizi dan vitamin yang cukup mutlak dilakukan. Jika kulit kepala tidak terdapat vitamin dan gizi yang dibutuhkan oleh rambut, maka sudah pasti rambut akan rontok.

Cara untuk mengatasinya bisa kita lakukan dengan memberikan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut. Kita bisa beli nutrisi rambut di apotek, atau kita juga bisa menggunakan bahan alami seperti masker rambut yang terbuat dari alpukat, lidah buaya dan lainya. Atau kita juga bisa memberikan serum rambut. Pakai minyak kelapa atau minyak zaitun juga bisa.

2. Alat rambut
Penyebab berikutnya bisa datang dari alat rambut yang biasa digunakan untuk perawatan rambut wanita. wanita biasanya menggunakan berbagai alat untuk menciptakan kondisi rambut seperti yang mereka inginkan. Misalnya saja alat pencatok rambut, dan lain sebagainya. tapi tahukan kamu kalau alat-alat tersebut memiliki efek samping pada kesehatan rambut? Terutama kalau digunakan secara berlebihan.  Alat-alat tersebut bisamenyebabkan pula rambut menjadi rontok, kering dan juga mudah patah.

Cara mengatasi persoalan rambut rontok akibat penggunaan alat adalah dengan mengembalikan kesehatan rambut sembari diimbangi dengan pengentian pemakaian alat tersebut. Atau minimal kurangi terlebih dahulu pemakaianya.

3. Penggunaan Pewarna dan Obat
Kamu suka mewarnai rambut atau malah sering gonta ganti warna? Hal ini juga bisa menyebabkan rambut jadi rontok lho. terutama bila pewarna yang kamu gunakan tidak cocok dengan rambut kamu. biasanya rambut akan meresponya dengan kondisi menjadi tidak sehat lagi. Juga, konsumsi obat-obatan tertentu terkadang menyebabkan efek samping berupa kerontokan rambut.

Untuk mengatasi rambut rontok akibat pewarna, ada baiknya kamu kembalikan nutrisi rambut kamu lalu jangan diwarnai lagi. Biarkan rambut sehat kembali. Sedang untuk masalah penggunaan obat, biasanya akan berhenti rontok seiring dengan penghentian penggunaaan obat.

4. Terlalu kencang mengikat rambut
Saltu lagi kebiasaan yang bisa menyebabkan rontoknya rambut kamu. yaitu mengikat rambut terlalu kencang. Bagaimanapun bila rambut diikat terlalu kencang, maka akan menyebabkan rambut jadi patah dan rontok.

Solusinya, jangan ikat rambut terlalu kencang. Sesekali biarkan rambut anda terurai, bukankah itu jauh lebih indah?

Nah itulah beberapa bentuk perawatan rambut wanita untuk mengatasi persoalan rambut rontok. Yang pasti ada baiknya bila selalu kamu imbangi dengan menjaga kebersihan rambut.

Posting Komentar

0 Komentar