Tips Merawat Aki Mobil Agar Lebih Awet dan Performanya Prima

Merawat Aki Mobil
Ilustrasi Merawat Aki Mobil By Google

Aki mobil merupakan salah satu komponen terpenting bagi mobil kesayangan kita. Karena aki adalah sumber energi listrik yang dibutuhkan mobil. Oleh sebab itu, kita mesti merawat aki secara cermat agar kualitasnya senantiasa baik. Jika aki mobil terawat, maka performa mobil pun akan selalu prima.
Sebenarnya merawat aki mobil tidak sulit. Beberapa tips ini akan membantu kita merawat aki secara praktis dan efektif:
 
Membersihkan Aki Secara Teratur
Bagian terminal aki biasanya paling sering tertutupi debu dan kotoran. Hal sepele ini bisa membuat proses hantaran listrik pada sistem mobil jadi terganggu. Sebaiknya kita membersihkan bagian tersebut secara teratur. Sehingga risiko gangguan hantaran listrik pun dapat diminimalkan.
 
Mobil Mesti Dipanaskan Jika Tidak Dipakai
Mobil yang sedang tidak dipakai dalam waktu lama harus tetap dipanaskan secara teratur. Hal ini penting untuk mencegah kerusakan aki. Panaskan mobil selama 10 hingga 15 menit agar suplai listrik yang berasal dari aki tetap stabil. Sehingga aki tak akan cepat soak bila kita memanaskan mobil secara teratur.
 
Menjaga Pasokan Listrik pada Aki
Pasokan listrik pada aki adalah kunci utama kelancaran penggunaan aki. Jadi, kita harus selalu memastikan kalau pasokan listrik pada aki senantiasa mencukupi. Periksalah voltase aki secara teratur untuk mengetahui pasokan listriknya. Kita bisa melakukan proses charging jika pasokan listrik pada aki mulai berkurang.
Jangan Menyalakan Beban Berat Saat Menghidupkan Mobil
 
Ketika menyalakan mobil, pastikan bahwa sistem dengan beban berat seperti AC tidak menyala. Karena sistem tersebut bisa mengganggu kinerja aki. Kapasitas aki akan terkuras dalam jumlah besar hingga akhirnya mobil malah sulit dinyalakan.
 
Memeriksa Jumlah Air Aki
Jika kita menggunakan aki basah, maka kita juga wajib memeriksa jumlah air aki secara teratur. Karena jumlah air aki juga mempengaruhi performa aki. Jangan sampai air aki yang mengering membuat aki jadi rusak.

Setelah menyimak ulasan ini, kita pasti lebih mahir merawat aki mobil. Tetapi bagaimana dengan perlindungan bagi mobil dan perjalanan kita secara keseluruhan?
 
Untuk urusan yang satu ini, tentu kita mesti mengandalkan asuransi all risk. Kini banyak pilihan asuransi all risk yang bisa menjadi alternatif bagi mobil kita. Tak perlu khawatir dengan preminya. Sebab kini banyak asuransi mobil yang preminya terjangkau dan manfaat proteksinya maksimal. 

Yuk miliki asuransi perjalanan dan asuransi mobil berkualitas untuk proteksi yang lebih baik lagi di masa mendatang!

Posting Komentar

0 Komentar