Memiliki Ruang Tamu yang Homey dan Nyaman

Ruang Tamu Minimalis

Menjadikan rumah sebagai refleksi dari kepribadian yang kita miliki adalah hal yang penting, terlebih jika sebagian besar waktu Anda luangkan di dalam rumah. Ruang tamu adalah ruangan di rumah yang paling harus Anda perhatikan desain interiornya. Hal ini dikarenakan ruang tamu adalah ruangan pertama yang memberi kesan pertama tentang keseluruhan rumah Anda oleh tamu yang datang. Simak tips interior desain untuk ruang tamu berikut ini agar Anda dan tamu merasa nyaman menghabiskan waktu berlama-lama di dalamnya!

Memiliki Ruangan Proporsional
Langkah yang pertama Anda harus lakukan adalah menggunakan jasa arsitek untuk membantu Anda merancang ruang tamu yang sesuai. Umumnya, ruang tamu adalah ruang paling besar nomor dua setelah kamar tidur utama. Pastikan sirkulasi udara ruang tamu Anda optimal, desain interiornya tidak ‘bertabrakan’ dengan suasana rumah secara keseluruhan, dan tentunya enak dilihat mata.

Mengisinya dengan Benda Bersejarah
Ingat, ruang tamu memberi kesan pertama mengenai rumah Anda dan tentunya secara tidak langsung berhubungan dengan pemilik rumah. Hiasi ruang tamu Anda dengan benda yang ‘bercerita’ tentang diri Anda seperti pigura foto keluarga, lukisan favorit, dan barang koleksi. Namun ingat, jangan terlalu memaksakan kehendak untuk meletakkan segala jenis pajangan di ruang tamu karena akan memberi kesan sempit dan norak. Tempatkan pajangan ruang tamu secara apik sesuai kreatifitas Anda.

Dominasi Warna Netral
Beli furniture atau hiasan berwarna netral yang sekiranya akan menjadi dominasi ruang tamu Anda. Furniture yang biasanya menjadi bintang utama dari ruang tamu ialah sofa, meja, atau lemari pajangan. Membeli furniture berwarna netral memberi poin plus karena warna netral tidak akan pernah terasa ketinggalan zaman. Sedangkan untuk dekorasi pelengkap seperti bantal kecil, Anda bisa membeli dalam warna atau motif yang bervariasi karena mudah untuk diganti.

Pencahayaan yang Tepat
Untuk ruang tamu, gunakan lampu yang hangat, seperti kuning atau putih buram. Jangan gunakan lampu yang putih terang karena akan terkesan seperti ruangan formal dan kaku. Anda bebas memilih akan menggunakan lampu yang mnempel di langit-langit atau lampu tiang, sesuaikan dengan tema rumah secara keseluruhan dan tentunya, yang sesuai dengan selera Anda. 

Jendela juga merupakan aspek yang mempengaruhi pencahayaan. Install jendela yang memiliki desain sesuai dengan ruang tamu Anda. Jendela, selain berfungsi untuk menghantarkan sinar matahari ke dalam ruang tamu, juga berguna untuk melancarkan sirkulasi udara dalam ruangan apabila rutin dibuka saat pagi hari dan ditutup saat malam menjelang.

Memasang Kaca Besar
Pemasangan kaca berukuran besar memberikan kesan lebih luas seketika dengan adanya ilusi optik. Selain itu, kaca juga berfungsi untuk memperluas cahaya yang masuk dan juga sebagai pengganti jendela dalam memancarkan cahaya. Apabila memungkinkan, lebih baik lagi bila Anda memasang kaca di seluruh satu bagian dinding ruangan.

Menjaga Kebersihan
Jangan biarkan sampah, debu, dan bekas makanan menghiasi ruang tamu Anda. Ruang tamu harus dibersihkan setidaknya dua hari sekali untuk menjaganya agar bebas dari noda.

Ingin mix-match semua tips diatas? Tidak masalah! Jangan takut untuk think outside the box agar ruang tamu Anda unik dan memiliki karakter sehingga membuat semua orang di dalamnya merasa nyaman.

Posting Komentar

0 Komentar